Tips Penyembuhan Maag

Maag merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada lambung yang menyebabkan rasa mual, serta juga rasa nyeri pada ulu hati. Sumber penyakit maag dapat berasal dari radang mukosa (gastritis), luka mukosa lambung (gastric ulcer) yang dikenal sebagai tukak lambung (ulcus pepticus). Radang luka pada mukosa lambung timbul akibat sekresi asam lambung (pepsin) dan mucus yang tidak seimbang. Histamin dan antiinflamasi non steroid dapat menghambat sekresi asam lambung. Selain itu, kerja berat, pikiran tegang, perasaan gelisah, atau sulit tidur juga meningkatkan kadar asam lambung. Kebiasaan terlambat makan, minum obat yang bersifat asam saat perut kosong, minuman beralkohol, dan menghisap rokok berlebihan dapat pula menyebabkan penyakit maag. Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori yang menyerang lapisan submukosa lambung. Ada beberapa tips penyembuhan maag.

 Tips Penyembuhan Maag

Tips Penyembuhan Maag

Gejala dari penyakit maag beberapa diantaranya adalah :

  1. Rasa nyeri dan perih yang terasa pada lambung dan pada ulu hati.
  2. Perut akan terasa kembung jika Anda telat dan juga akan muncul rasa nyeri setelah makan.
  3. Akan terasa mual dan muntah untuk asam lambung yang tinggi
  4. Bersendawa jika perut dalam keadaan kosong
  5. Penurunan pada nafsu makan, membuat wajah terlihat lekbih pucat, keringat dingin dan kepala akan terasa pusing.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab penyakit maag. Penyakit maag disebabkan akibat dari faktor yang bisa merusaka pertahanan pada mukosa lambung yang faktornya lebih besar dibandingkan dengan melindungi pertahanan pada mukosa di lambung. Penyebab penyakit maag adalah :

  1. Pola hidup kurang sehat
  2. Pola makan yang kurang sehat dan tidak teratur
  3. Makanan yang mengandung lemak, makanan pedas, makanan panas dan makanan atau minuman yang mengandung gas atau berkarbonasi
  4. Begadang, sleep apnea insomnia dan juga kurang tidur
  5. Masalah psikis seperti stres, kelelahan dan juga akibat tekanan pada emosional.
  6. Konsumsi kopi dan minum obat-obatan jenis tertentu, merokok, dan akibat serangan bakteri.

Cara menyembuhkan maag yang paling utama adalah dengan menjaga pola hidup dan pola makan dengan teratur. Karena cara menyembuhkan maag harus dilakukan dengan benar, jika didiamkan dan tidak ditangani maka akan menyebabkan masalah yang lebih serius seperti lambung mengoreng.

Cara menyembuhkan maag secara alami salah satunya adalah dengan cara minum obat maag yang banyak dijual bebas. Namun untuk jenis obat ini sifatnya memang sementara saja karena cara menyembuhkan maag yang memunculkan luka pada lambung akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Cara menyembuhkan maag selanjutnya adalah dengan menghindari jenis makanan yang menjadi penyebab dari maag.

Tips penyembuhan maag dan pengobatannya dilakukan untuk menetralkan asam lambung, menekan produksi asam lambung, mengobati infeksi pada mukosa lambung, dan mengurangi sakit akibat iritasi myukosa atau kejang otot dinding lambung. Obat-obatan yang lainnya diberikan adalah antacid, antihistaminm antikolinergik, demulcent, dan antibiotic (jika diperlukan). Salah satu tips penyembuhan maag adalah dengan kunyit. Kunyit dapat menjadi obat maag yang aman dikonsumsi tanpa efek samping. Secara ekperimental, kurkumin terbukti mencegah dan mengobati luka lambung yang dipicu oleh phenylbutazone dan aspirin. Percobaan klinis tentang efek kunyit pada penyakit maag dilakukan terhadap 12 pasien. Hasilnya 5 pasien maag sembuh dalam kurun waktu 4 minggu dan 7 pasien sembuh dalam kurun waktu 4-12 minggu.

Tips penyembuhan maag dengan kunyit adalah parut 2 ibu jari kunyit yang telah dikupas dan dicuci, lalu tambahkan air masak. Peras sarinya dengan kain bersih. Diamkan air perasan itu, kemudian ambil air beningnya. Diminum sehari 2 kali, sebelum makan pagi dan sebelum tidur malam.

Tips penyembuhan maag dan cara mengatasinya adalah :

  1. Waspadai makanan tertentu
    untuk membantu mengatasi maag, Anda harus berhat-hati dengan makanan atau minuman yang bisa meningkatkan kadar asam lambung, dan juga bisa menimbulkan gas. Makanan pedas,berminyak, dan sayuran pahit bisa meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan yang pedas, berminyak dan juga sayuran pahit selama Anda masih merasakan nyeri lambung.
  2. Jangan overdosis|
    Obat maag tidak boleh diminum lebih dari 6 kali sehari. Artinya jika setelah minum obat maag setiap 2 atau 3 jam, Anda masih merasa nyeri lambung, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter mungkin mengganti obat Anda dengan obat maag yang sifatnya lebih keras, tetapi harus diperoleh dengan resep dokter (tidak bisa dibeli sembarangan)
  3. Jangan terlambat makan
    Saat maag menyrang, biasanya kita agak kurang selera untuk makan dalam jumlah normal. Oleh karena itu, cobalah untuk membagi porsi makan ke dalam porsi yang lebih kecil, tetapi sering. Misalnya setiap 2 jam sekali Anda makan seporsi kecil nasi dan lauk pauk, diselingi dengan makan buah (yang tidak terasa asam) atau biscuit, agar lambung Anda tetap terisi makanan.

 Tips Penyembuhan Maag

 


=====================================

>>> Obat Maag Membantu Untuk Mengatasi Sakit Maag, Mengatasi Gangguan Pada lambung, KLIK Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Menyembuhkan Maag and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *